Panduan Dasar Belajar Optimasi SEO Blog Dalam Membuat Domain

Pada artikel Panduan Dasar Belajar Optimasi SEO Blog kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara belajar SEO yang baik dan melakukan optimasi SEO pada blog secara dasar tapi tetap menjadi yang terbaik dimata search engine. Dengan mengetahui panduan dasar optimasi SEO blog ini sobat blogger bisa mengembangkannya lagi agar optimasi lebih maksimal.


optimasi SEO


Dalam belajar SEO, sobat blogger tidak hanya sekedar take and put saja, mengambil dan memasangnya tapi butuh pemahaman yang baik namun jika sobat blogger tidak ingin repot-repot dalam mempelajari SEO gunakan saja layanan penyedia jasa SEO yang benar-benar expert untuk website dan bisnis sobat blogger semua. Dan secara dasar, sobat blogger bisa mengikuti panduan dasar belajar optimasi SEO blog yang saya berikan berikut ini agar sobat blogger mengetahui cara yang baik dalam belajar SEO.

Membuat Domain
Dalam membuat domain, usahakan alamat url dari domain yang sobat gunakan memiliki kata kunci utama yang ada dalam website atau blog sobat. Karena nama dan alamat url domain yang mengandung kata kunci sangat diperhatikan oleh search engine dalam mesin pencarian. Misalkan blog sobat membahas tentang Rahasia SEO maka nama domain dan alamat urlnya adalah;

http://rahasiaseo.com <-- alamat ini ada yang punya loh :)

http://rahasiaseo.blogspot.com

Namun bagaiman jika sobat blogger menginginkan nama dan alamt url seperti diatas tapi sudah dimiliki oleh orang lain? Sobat cukup menambahkan kalimat tambahan saja seperti;

http://rahasiaseo1.com
http://rahasiaseo1.blogspot.com, dll.

Namun bagaiman jika sobat menggunakan nama sobat sendiri sebagai alamat url sobat? Boleh dan sah-sah saja. Bagaimana dengan struktur SEO yang ada jika menggunakan nama sendiri sebagai alamat url? Tidak masalah. Karena seperti yang saya tulis disini, banyak faktor yang menentukan kualitas SEO sebuah blog!

Sub Domain
Sama seperti saat membuat domain, tetap gunakan nama sub domain yang mengandung kata kunci

http://adsense.rahasiaseo.com
http://seo.sahronie.com Klik url ini untuk belajar Super SEO!
http://bisnis-rahasiaseo.blogspot.com
http://adsense-rahasiaseo.blogspot.com

Membuat Artikel
Sama juga seperti saat membuat nama domain dan sub domain, membuat artikel blog lebih SEO friendly tetap gunakan artikel dengan judul yang mengandung kata kunci

Judul: Panduan Dasar Dasar SEO
http://rahasiaseo.com/panduan-dasar-dasar-seo
http://rahasiaseo.blogspot.com/panduan-dasar-dasar-seo.html
http://adsense.rahasiaseo.com/panduan-dasar-dasar-adsense

Meta Tags
Seperti yang telah saya singgung diatas, nama domain dengan kata kunci atau nama doamin dengan menggunakan nama sendiri sebagai lamat urlnya adalah sama saja tapi diantara keduanya tetap ada kelebihan dan kekurangannya dalam Membuat Domain dg Kata Kunci dan Nama Sendiri. Dan yang terpenting adalah pengaturan meta tags yang sobat gunakan.

- Title Tag
Dalam sebuah artikel blog, title tag ada disebelah pojok kiri atas browser, nah sudah ketemu? Itulah title tag, yang merupakan tampilan dari judul artikel. Dalam membuat title tag, harus mengandung kata kunci karena title tag sangat penting peranannya dalam pencarian search engine.

- Tag Description
Tag description digunakan untuk memberikan penjelasan pada blog atau artikel blog sobat. Dalam tag description ini harus ada kata kunci yang sobat bidik!

- Tag Keyword
Tetap gunakan kata kunci yang relevan yang ada dalam blog atau artikel blog sobat, saat ini jangan coba-coba menggunakan kata kunci yang tidak relevan karena Google lebih selektif dalam menentukan mana keyword yang benar-benar menuju blog atau artikel utama!

- Tag Alternate
Tag ini disingkat ALT dan digunakan dalam sebuah media yang tampil dalam blog atau artikel, misal video dan gambar. Dalam tag alternate ini harus ada kata kunci yang sobat bidik! Contoh pemasangan dalam gambar, Rahasia SEO

- Tag author dan copyright
Digunakan untuk menandai nama pengarang dan hak cipta yang ada didalam blog atau artikel.

Konten Blog
Setelah membuat domain dan alamat url serta mengatur meta tags yang digunakan dalam blog atau artikel. Langkah selanjutnya adalah membuat konten untuk blog sobat, usahakan konten yang dibuat harus sesuai dengan komponen-komponen yang telah sobat tentukan dalam meta tags. Dalam membuat konten setidaknya harus dijadwal, jangan mebuat konten/artikel dalam sehari melebihi 20 artikel jika blog sobat masih baru, lebih baik 1 hari 1 artikel adalah lebih baik!

Optimasi Link
Perbanyak link yang menuju blog atau artikel blog sobat, hal ini untuk menunjang posisi blog atau artikel blog lebih baik dihadapan search engine tapi jangan terlalu banyak memakai link untuk blog/artikel dalam sehari dan gunakan link yang relevan kalau bisa. Ada 2 link yang biasa digunakan dalam optimasi SEO yaitu link internal dan link eksternal.
Link internal adalah link yang ada dalam blog sobat sendiri yaitu link-link artikel yang relevan dengan link artikel lainnya.
Link eksternal adalah link yang mengarah dari luar blog sobat, misalnya dari web-web directory, bookmarking, atau social media.

Sitemap
Sitemap atau peta situs disini bukanlah membuat daftar isi yang ada dalam blog tapi membuat peta situs yang khusus untuk pengindeks-an link-link artikel sobat dalam search engine.

Belajar SEO tidak akan pernah ada habisnya, SEO itu ibarat air lautan, sebaik apapun optimasi yang kita pelajari juga akan mengalami pasang surut tergantung dari perubahan-perubahan yang diberlakukan oleh algoritma search engine.
Okey sobat, semoga Panduan Dasar Belajar Optimasi SEO Blog Dalam Membuat Domain memberikan manfaat.

Tidak ada komentar