Objek Wisata Probolinggo | Gunung Bromo

Gunung Bromo Berada di dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Ngadisari, Sukapura. gunung Bromo tidak hanya terkenal di kawasan Probolinggo saja atau di Indonesia tapi objek wisata yang satu ini sudah menjadi tradisi dan telah menjadi agenda kunjungan wisata bagi seluruh dunia, setiap saat kapan pun sobat blogger berkunjung ke wisata gunung Bromo, sobat akan melihat pemandangan alam dingin nan sejuk dan tidak pernah sepi dari kunjungan para turis, bahkan mereka betah berhari-hari tinggal disana.

Objek Wisata Probolinggo Gunung Bromo



Objek Wisata Probolinggo Gunung Bromo



Untuk mencapai puncak gunung Bromo, sobat blogger harus melalui lautan pasir yang menyapa dengan lembut di kaki-kaki sobat semua, namun selain dengan jalan kaki, sobat juga bisa menunggang kuda yang telah disediakan oleh penduduk setempat atau dengan kendaraan, jeep. Tapi menurut saya, jalan kaki adalah cara terbaik untuk menuju puncak gunung Bromo yang telah berbentuk kawah dengan asap berbau belerang, akan menambah tantangan tersendiri.
Selama perjalan di lautan pasir, sobat bisa melihat pemandangan yang menakjubkan dari salah satu gunung yang berdiri gagah perkasa, gunung Batok. Setelah melewati lautan pasir, sobat akan meniti tangga untuk menuju puncak Gunung Bromo, dan menyaksikan pemandangan lama nan indah dari atas puncak ini, termasuk kawah berasap dan menyaksikan terbitnya matahari. Selain itu, sobat bisa turun ke kawah gunung Bromo dan membuat tulisan disana, nama sobat dan pasangan sobat adalah hal yang takkan pernah sobat lupakan dan mengabadikannya bersama Edelweis (bunga abadi) yang bisa sobat dapatkan disekitar kaki gunung Bromo.

Selain menikmati pemandangan alam diatas puncak gunung Bromo dan melintasi lautan pasir yang lembut, sobat juga bisa mendirikan camp perkemahan bersama teman-teman sobat semua di kawasan lava View dan menikmati indahnya langit malam bersama pasangan sobat, so sweet, pengalaman yang tak pernah terlupakan ketika saya masih SMA dulu,,,,

Tentang Gunung Bromo
Gunung Bromo berada dikawasan pelestarian alam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dan merupakan Taman Nasional paling spektakuler dan paling mudah dikunjungi diantara Taman Nasional lainnya yang ada di Indonesia yang terletak antara 1.000 – 3.676 meter diatas permukaan air laut. Wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terletak pada rangkaian pegunungan berapi yang merupakan salah satu dari rangkaian besar pegunungan yang terbentang sepanjang Pulau Jawa.

Dibagian utara pegunungan Tengger terdapat kaldera Tengger yang sangat indah dan menarik, garis tengahnya mencapai 8-10 kilometer, sedang dindingnya yang terjal dengan ketinggian antara 200–700 meter. Dasar Kaldera Tengger berupa lautan pasir seluas 5.290 ha, terdapat Gunung Bromo (2.392 m), Gunung Batok (2.470 m), Gunung Kursi (3.392 m), Gunung Watangan (2.601 m), dan Gunung Widodaren (2.600 m).

Gunung Bromo merupakan gunung yang masih aktif yang pada waktu tertentu mengeluarkan asap. Disamping untuk tujuan pariwisata, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru berfungsi pula untuk : Penelitian, Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Pendidikan, Konservasi dan Pembinaan Cinta Alam.

Pintu gerbang utama menuju ke Lautan Pasir dan Gunung Bromo melalui Cemorolawang. Kawasan ini merupakan daerah wisata yang paling ramai terutama pada hari libur. Beberapa aktivitas dapat dilakukan di daerah ini antara lain : berkemah, menikmati pemandangan alam, berkuda menuju Lautan Pasir atau berjalan kaki. Untuk mencapai puncak Gunung Bromo dapat menaiki tangga yang telah disediakan.
Dan salah sau daya tarik dari gunung Bromo adalah pemandangan matahari terbit di Gunung Bromo yang sangat indah dan untuk menikmatinya sobat blogger dapat berangkat dari Cemorolawang pada jam 04.00 WIB.

Lokasi Gununh Bromo
Untuk mencapai daerah Cemorolawang digunakan rute:
Probolinggo – Tongas / Ketapang – Sukapura – Ngadisari kurang lebih berjarak 42 km dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum sampai Ngadisari. Sedangkan dari Ngadisari – Cemorolawang kurang lebih 3 km dapat berjalan kaki, menunggangi kuda atau dengan kendaraan Jeep.

Jadi, setiap sobat blogger sedang liburan jangan lupa untuk berkunjung ke kawasan wisata Probolinggo Gunung Bromo

4 komentar

kalo kesana kayaknya asik banget.....hehehe


jgn lupa kunjungan + like balik yaa
www.vacation-star.blogspot.com

Balas

asik banget, apalagi,,, makasih ya atas visit - like-nya...

Balas

BROMO TANJUNG PONDOK TANI (HOMESTAY)
Dalam rangka Memperkenalkan “Kawasan Tengger-Bromo" dari segala aspek, Kami buka Pondok Tani (Cottage) Tanjung - Tosari untuk umum
# hub per sms/tlp: *081385458993-081553258296(Dudick).*-*081249244733-085608326673(Elie)*
# Informasi di Facebook dengan nama : Bromo Tanjung Pondok Pertanian
* rute: pasuruan-warungdowo-ranggeh-pasrepan-puspo-tanjung KM 95 pos jaga doreng turun.(Tanjung Pondok Tani) -> (Baledono-Tosari)<-
=Menuju Bromo melalui pintu gerbang: >Pasuruan-Tosari-Wonokitri<
HARGA KAMAR :
@.kamar los + 2 km mandi luar, kapst: 9 s/d 16 orang. Rp.350.000,-/malam.
@.kamar utama + km mandi dalam + perapian, kapst: 4 s/d 6 orang. Rp.250.000,- /malam.
@ fasilitas:.Kamar mandi air panas,.dapur,.kulkas,.ruang makan,.teras serba guna (4 x 12 m),. halaman api unggun,. tempat parkir unt 6 mobil,. kebun sayur.

Balas