Kriteria Template Blogspot SEO Friendly

Kriteria Template Blogspot SEO Friendly - Banyak faktor yang menentukan sebuah blog masuk dalam kategori blog yang SEO friendly, salah faktor tersebut adalah sebuah template. Namun tidak semua template bisa dikatakan sudah SEO friendly, apalagi untuk template blogspot karena ada beberapa kriteria template blogspot SEO friendly yang harus diubah kode-kode dasar dari template blogspot itu sendiri agar lebih SEO Friendly. Sebelum menentukan kriteria template blogspot SEO friendly, saya akan jelaskan dulu apa template itu,,,


kriteria template blogspot SEO friendly
Kriteria Template Blogspot SEO Friendly


Sobat blogger sudah pasti tahu apa itu template atau themes namun sebagian dari sobat blogger yang benar-benar masih baru mulai membuat blog kadang masih bingung apa itu template (pengalamanku saat membuatkan blog secara gratis buat 5 orang, karena ketidaktahuannya mereka tidak melakukan apa-apa terhadap blog yang saya buatin tersebut sampai sekarang!). Template ibarat baju yang kita pakai, semakin bagus penampilan kita dengan baju tersebut, semakin banyak orang yang tertarik dengan penampilan kita. Apalagi jika sobat mau PDKT ke sang pacar atau calon mertua, tentunya penampilan adalah yang paling utama. Begitu juga dengan template blog, semakin bagus struktur template yang kita buat, semakin ia disenangi search engine,, emangnya alasan buat blog itu untuk siapa sich? Untuk manusia atau search engine??

Sebagai tambahan, untuk template blogspot adalah berbeda dengan template-template untuk blog wordpress, apalagi jika blog tersebut sudah top level domain atau blog yang menggunakan nama domain dan hosting sendiri. Template wordpress hampir semuanya sudah SEO friendly dan tidak perlu dilakukan pengeditan dan bisa 'dapat bantuan' dari berbagai plugin!

Agar memenuhi ketentuan search engine, jika sobat blogger membuat blog untuk search engine maka berikut kriteria template blogspot SEO friendly
  1. Struktur kode HTML halaman yang valid >> Tidak semua kode HTML sebuah blog valid namun setidaknya sobat blogger meminimalkan setiap kode error yang ada dalam blog tapi lebih baik jika struktur kode HTML blog adalah benar-benar sempurna tanpa ada yang error.
  2. Kecepatan loading halaman >> Kalo sobat blogger membuat blog untuk search engine, silahkan turunkan embel-embel yang kurang bermanfaat dan menambah berat loading blog. Jangankan search engine, orang yang berkunjung ke blog sobat tapi loadingnya lama pasti akan segera ditutup kembali.
  3. Navigasi yang tertata rapi dan strategis >> Penempatan menu-menu yang baik seperti yang terlihat dalam blog ini :)
  4. Minimalkan link keluar (outbound link) >> Perbandingannya menurut saya adalah 100 : 1, setiap 100 artikel hanya terdapat 1 backlink keluar.
  5. Backlink yang berkualitas dan valid >> Bukan dari blog yang berpagerank tinggi tapi alangkah baiknya jika backlink yang sobat dapatkan juga memiliki relevansi yang sama dengan blog sobat.
  6. Umur blog maupun umur halaman >> Konsistensi sebuah blog akan memberikan nilai tambah dengan bertambah lamanya blog tersebut.
  7. Unik >> Unik bukan berarti blog menampilkan gambar Unyil tapi dari segi sisi kontent yang sebenarnya.
  8. Keyword >> Sesuaikan keyword yang anda bidik baik di dalam judul blog, halaman blog, isi blog dan gambar pada blog. Relevansi keyword dengan keseluruhan isi blog akan memberikan dampak yang baik.
    • Keyword yang di bold , italic maupun underline
    • Keyword di URL, subdomain, dan domain
    • Keyword pada header tag (h1,h2,h3) atau metat tags otomatis
  9. Popularitas dan reputasi blog >> Semakin populer blog sobat, semakin baik reputasi tapi populer yang dimaksud adalah dilihat dari segi konten yang normal.
  10. Peta situs >> Pasang peta situs agar memudahkan robot mesin pencari menemukan blog dan update post terbaru blog.
Dengan menerapkan kriteria template blogspot SEO friendly diatas saya yakin blog sobat akan lebih bagus di mata mesin pencari.

1 komentar

Nice inpho gan terima kasih atas pencerahannya sekalian blog walkin gan kunjungi web ane http://templateblogspotseofriendly.blogspot.com/

Balas